Friday, May 18, 2012

Sopan Santunnya Minus

Hai hai hai kawan-kawan semuanyaaaaa
Ehem ehem, mau pantun dulu nih gue

Bibir dikulum terus dipakein pitaaa,
Assalamualikum teman-teman tercintaaaaaaa

Huh (ngibas kerudung), pada inget cerita ttg bapak-bapak di commuter line ga yang tiketnya kurang terus malah marah-marah sama penjaga perempuannya?
Um, kalo kalian lupa karena abis kejedot nih mending baca lagi dah di blog gue yang labelnya kritik, hehe

Mau tau ga kenapa gue tanya ke kalian ttg cerita commuter line yg waktu itu?
Samsul       : Gue tau, pasti lo mau jualan di commuter ya?
Ina             : Salah!
Maemunah : Gue tau, gue tau. pasti kamu suka sama mas-mas yang tukang bolongin tiket di commuter ya?
Ina             : Salah!! Itu mah lo kali, ckckckck.
Pak RT      : Pasti karena eneng ketinggalan sesuatu ya di commuter line?
Ina             : Lah, kenapa Pak RT ada lagi deh. Ikut campur aja, inget umur Paaaak #eh. Dan jawaban
                   bapak juga salah.

Yasudahlahyaa kalo ga ada yang bener nebaknya. Padahal jawabannya gampang. Langsung aja deh gue ceritaaaaaaaa:

Tadi pagi nih jam 9an gue naik commuter line dari Depok ke Jakarta. Gue masuk ke gerbong 1, kalian pasti tau kan itu gerbong apa. Ya, itu gerbong khusus wanitaaa, gerbong 1 dan gerbong 8 tepatnya. Tetapi saat gue masuk ke dalam nih, ada dua orang cowo yang ikut masuk. 1 itu cowo yang sendirian dan 1 nya lagi cowo yang bersama isteri dan anaknya. 

Gerbong itu agak penuh dan semua wanita didalamnya menatap mereka berdua dengan tatapan yang seolah-olah berkata "hei, ini gerbong wanita, yang laki-laki pindah kesebelah gih". Terus ada ibu-ibu nih yang berada tepat dibelakang 2 cowo itu bilang ke cowo yang pertama.
Ibu        : Mas, ini gerbong buat perempuan, laki-laki pindah kesebelah.
Cowo 1: Ah, bentar lagi nyampe bu, tanggung (gila belum kenal sama ibu-ibu itu aja udah ngeyelan, ckck)     
Ibu        : Ga bisa begitulah mas, orang pindah kesebelah juga deket jalannya (lokasi coco itu adalah dideket pintu antara gerbong 1 dan 2, deketkan??)

Akhirnya dengann muka kesel si cowo itu keluar. Berarti tinggal si Bapak yang sedang gendong anaknya bersama isterinyaaa. Dan ibu itu juga menegur si bapak.
Ibu      : Pak, bapak juga ga boleh disini seharusnya.
Bapak : (Dengan nada kasar dan membentak), saya sama keluarga saya bu, ini kan khusus keluarga.
Ibu      : Bukan pak tapi ini khusus wanita, jadi bapak harusnya di gerbong sebelah
Bapak : (Nada kasarnya makin naik), ya terserah saya lah bu,  lagian ibu ikut campur urusan orang aja. (sumpah ini bapak-bapak sialan banget dah, ga ada sopan santunnya sama orang tua)
Ibu      : Saya ga ikut campur pak, orang saya cuma ngingetin aja kalo tempat bapak salah.
Bapak : MAKASIH (sumpah nada disini makin nyebelin abis, kok udah tua tapi kayak anak kecil, ckckck)
             Udah ibu ga usah nginget-ngingetin, biar nanti penjaganya aja yang ngingetin saya. Urus-urusan
             ibu aja, jangan sok-sok ngurusin orang lain dah.

Sumpah ngedenger itu rasanya pengen banget nyumpel tuh mulut si bapak pake sepatu ato apa aja deh biar dia diem. Ibu-ibu itu udah ga mau lanjutin soalnya males mungkin ngomong sama orang yang udah ga bisa berpikir dengan jernih. Dan isteri si bapak itu malah diem aja, mukanya kayak ga berdosa.

Abis itu si ibu langsung turun di stasiun berikutnya. Yah mungkin dia males juga kali, mending turun nungguin kereta yang lain daripada satu gerbong sama orang yang kurang sopan santun. Dan di stasiun cikini si bapak berserta keluarganya turun. Baru dah kicau-kicau cepat dari mulut cewek-cewek yang ada digerbong keluar ttg kejadian tadi termasuk gue juga ikutan.

Ah, gue kesel bgt sama kejadian itu tapi gue sedih karena kenapa gue diem aja? kenapa ga bantu belain ibu itu? Pasti karena gue takut sama si bapak yang nyebelin itu deh. Atau karena gue emang ga suka ikut campur sama urusan orang lain. Yah pokoknya sikap gue tadi salah lah, harusnya gue ga boleh diem aja tadi.


Nah intinya sih dari kejadian ini, kita tuh harus memiliki sifat sopan santun terutama sama orang yang lebih tua, baik kita kenal dia atau tidak. Um, jadi keinget ttg orang tua deh, kalo orang tua negur atau ngingetin kita tentang suatu hal, jangandeh kita ngebangkang soalnya mereka begitu karena mereka sayang kita dan ga mau kita berbuat salah. Jangan sampe ada yang bilang ke diri lo bahwa lo adalah orang berpendidikan yang ga punya sopan santu, karena kalo sampe ada yang bilang begitu, pasti itu bakal sakit banget buat kalian.

Jadi, jagalah sopan santun kalian ke siapa pun baik itu orang yang kalian kenal atau tidak, terutama orang tua ya. Karena kalian ga bakal pernah tau apa yang akan Allah balas dari semua sikap kaliaaaan :))))



 

1 comment:

  1. artikel yang bagus, semoga sopan santun di tempat umum tiap orang bisa lebih baik ya..

    Akademi Telkom Jakarta

    ReplyDelete