Thursday, May 3, 2012

Indahnya Sebuah Pelajaran Hidup

Hai teman-teman semuaaaaaaa
Ehem-ehem, kalo liat dari judul post-an ini sih kayaknya isinya bakal bener ya.
Tapi ga tau dah yah kalo jari-jari ini sudah mulai mengetik nanti isinya bagaimana, haha

Gue mau ngeshare nih tentang pelajaran-pelajaran kecil yang bisa gue ambil selama masuk kuliah.
Ternyata semua pelajaran itu ga mesti dateng dari orang-orang hebat yang bisanya cuma ngomong. Tapi semua pelajaran ini gue dapet dari orang-orang yang mungkin ga gue sangka sebelumnya bahwa mereka yang akhirnya bisa membuat gue tau sesuatu yang lain, bisa bedain mana yang salah dan yang benar. 
Orang-orang itu juga mungkin ga pernah tau kalo dia memberi pelajaran yang berarti dalam hidup gue karena mereka memberikan itu gga secara formal tapi secara tidak sengaja dengan segala ciri khas mereka. Bisa saja saat bercanda dengan mereka gue dapet satu hal penting, atau cuma saat makan bareng, berangkat ke mustek bareng, dll
Kalo ditanya orangnya siapa, mungkin bakal banyak sekali. Tetapi kalo ditanya pelajaran yang bisa gue ambil apa aja, gue bisa nyebutin kok.

1. Kebersamaan

gue ngerasaain sebuah kebersamaan besar disini, walau hanya dalam kelompok kecil saja, tapi kita semua menyebut ini adalah sebuah keluarga. Rasa kebersamaan yang indah bagi gue. Lo ga bakal pernah ngerasa sendiri, saat lo jatuh pasti ada orang yang udah siap untuk mengankat lo biar bangkit. Saat lo sedih, tiba-tiba senyum lo bisa terlihal lagi di wajah lo hanya karena semua tingkah laku mereka. Saat lo salah, mereka pun ga bakal ngebiarin lo. Mereka pasti bilang kalo yang lo lakuin itu salah dan akhirnya sama-sama mencari solusi.

2. Semangat
"Spirit is an invisible force made visible in all life." ~Maya Angelou~
Gue secara pribadi, mendapatkan semangat positif dari orang-orang yang ada di sekitar gue. Mungkin mereka hanya bilang kata "semangat ya", tapi itu jelas memiliki arti yang besar bagi gue. Mungkin gue ga tau kata semangat yang mereka berikan itu tulus atau ngga tapi gue selalu merasa bahwa itu tulus dan karena itu gue merasa ada yang peduli sama lo na jadi lo mesti bersemangat.

3. Kata maaf
klise ya kalo kita bilang maaf saat kita salah, tapi kalo kita ga salah terus kita minta maaf gimana. Hal yang gue baru pelajari kemarin adalah dalam sebuah permainan ketika permainan itu selesai jangan lah secara frontal minta maaf karena sesungguhnya itu sama aja lo memperbolehkan diri lo untuk melakakukan kesalahan lagi dan akhirnya nanti bilang maaf lagi, terus berulang begitu deh. Dan emang klo lo ngerasa salah, evaluasi diri lo sendiri dan jangan sampe ngulangin itu lagi.

4. Kemenangan adalah hadiah, yang penting proses
Gue adalah tipe orang yang lebih menghargai proses ketimbang hasil akhir. Karena banyak hal yang bisa terjadi dalam sebuah proses terutama hambatan-hambatan yang timbul. Dan hambatan2 itu nantinya bisa membuat orang2 yang sedang berada dalam proses itu menjadi lebih baik. Dan kalau ada yang bilang bahwa hasil adalah sebuah produk dari proses, gue ga setuju. Karena ga semua proses yang baik bisa menghasilkan hasil yang baik karena ada faktor yang ga bisa ditentukan oleh manusia yaitu "keberuntungan". Ada yang prosesnya ga baik tapi karena beruntung makanya hasilnya baik, dan sebaliknya.

Mungkin hal-hal diatas adalah hal kecil yang buat kalian itu bukann apa2, tapi buat gue ini adalah sesuatu yang berarti. Terimakasih kepada semua yang udah membuat gue mendapatkan pelajaran yang sangat berarti ini :)))



No comments:

Post a Comment