Monday, December 24, 2012

" HAL KECIL ITU PASTI BERARTI "

Untuk kali ini gue akan mencoba menulis sesuatu yang lebih bermakna, yang semoga dapat memberikan manfaat untuk semua orang yang baca tulisan gue ini. Saat ini gue diberi amanah untuk menjadi Kabid Pengabdian Masyarakat IME FTUI 2013. Sekarang gue mau mengulas apa itu pengabdian masyarakat terutama bagi diri gue.

Oke kenapa gue akhirnya memilih pengmas padahal gue tipe perempuan ekstrovert yang seharusnya sangat cocok di bidang humas. Alesannya cuma satu yaitu hati. Jika kita berpikir tenang, maka hati akan memberikan arahan yang sangat baik untuk kehidupan kita. Dan hati gue lah yang membawa gue memilih bidang ini. Sejujurnya gue bukanlah orang yang aktif dalam bidang-bidang sosial sebelumnya tapi gue ingin memulai itu dari hal yang kecil dulu yaitu dari bidang pengmas IME FTUI.

Kenapa gue bilang bidang ini adalah bidang yang kecil karena ini ruang lingkupnya hanya departemen, diluar sana ada ruang lingkup yang lebih besar lagi, ada fakultas, universitas dan bahkan lembaga yang udah sampai tingkat nasional dan internasional. Tapi yang gue harapkan adalah permulaan dari suatu yang kecil dapat membuat sesuatu yang berdampak besar dan pastinya berpengaruh positif kepada masyarakat.

Selanjutnya gue akan membahas mengenai apa itu arti dari sebuah pengabdian. Banyak sekali definisi yang dapat mengartikan apa itu pengabdian dari mulai definisi singkat sampai definisi panjang. Dan menurut gue pengabdian itu adalah suatu cara kita mengabdi dalam bentuk apapun. Dan bagi gue ga ada takaran yang menilai bentuk dari sebuah pengabdian ata tidak. Hal kecil yang gue lakuin dan bemarmanfaat untuk orang lain, menurut gue udah merupakan bentuk pengabdian. Jadi saat lo ngelakuin hal yang kecil dan bermanfaat, terus temen lo hanya mengomentari seperti ini "yaelah cuma begini doang mah gue bisa kerjain kemarin". Gue jujur ga mempermasalahkan besar atau kecil dari suatu tindakan tapi lebih ke point mau atau tidak kita melakukan tindakan itu. Karena jika hanya berkata tanpa  melakukan sesuatu itu sama aja nothing.

Bagaimana dengan pengabdian masyarakat? Jika teringat dengan kata ini gue teringat tentang Tridharma Perguruan Tinggi yang berbunyi:
1. Pendidikan dan Pengajaran
2. Penelitian dan Pengembangan
3. Pengabdian pada Masyarakat

Kata pengabdian pada masyarakat mungkin merupakan point terakhir dari Tridharma Perguruan Tinggi, tetapi sesungguhnya point ketiga ini adalah point penutup yang manis. Tanpa point ketiga, menurut gue buat apa semua hasil dari pendidikan dan penelitian. Dan jawabannya, semua itu untuk masyarakat, untuk membantu mereka menjalani masalah kehidupan.

Mulai saat ini gue berjanji akan memegang amanah ini dengan sebaik-baiknya. Maju Pengmas IME 2013 !


No comments:

Post a Comment