Sunday, February 12, 2012

Penyalahgunaan Kekuasaan

Huh, kalo ngomongin kata kekuasaan nih pasti dipikiran kita yah orang yang kaya dan punya uang terus bisa bertindak seenaknya (uang? dasar mata duitan)
Atau ngga raja, presiden, DPR, MPR, Polisi yang perutnya buncit (ups keceplosan), yah banyaklah.
Dan selain tokoh2 yang kepikiran dari kata kekuasaan, pasti nih kita juga kepikiran dengan kata penyalahgunaannya, korupsi lah, semena-mena ee waka-waka ee (loh kok jadi nyanyi)
Gue mau share cerita nih sebagai pengantar tulisan ini.
Jadi tadi sekitan jam 4an gue naik kereta ke depok, gue naik commuter line loh (gak penting sumpah)
terus pas nyampe tebet ada banyak yang naik dan ada 2 org ibu2 dan 2 org anak duduk di daerah cewek.
Penjaga cewek yang badannya gede dateng (terus knp kalo gede? emang gue peduli?)
Penjaga: tiket tiket bu.
Ibu 1 : nih mba
Penjaga : kurang 1 bu, orangnya 4 dan tiketnya cuma 3.
Ibu 1 : loh emang yang anak cowo ini bayar.
Penjaga : bayar bu kan anak ibu udah lebih dari 5 tahun.
Ibu 1 : loh kok bayar sih, yaudah deh saya bayar berapa? (malu kali karena diliatin org2 jadi bayar deh)
Penjaga: karena ini udah ngelanggar aturan jadi ibu bayar tiketnya + denda, dan jumlahnya jadi 20rb.
Ibu 1: loh kok gitu sih, udah harga biasa aja lah.
Ibu 2 : ngangguk2 doang (kayaknya ga berani ngomong ato emang ga bawel)
Penjaga : ga bisa bu, itu udah prosedurnya, ato ngga ibu turun terus beli tiket di loket aja.
Ibu 1: eh yaudah deh, bentar saya omongin dulu.
Penjaga : ngasih tiket terus memperhatikan ibu2 itu dari kejauhan.
Ibu 1 : ih, kok penjaga perempuannya jahat bgt sih tadi aja yg gituin tiket tuh cowok di stasiun biasa aja. Kok jadi perempuan kayak begitu, yaudah nannti kita turun aja, dan ibu2 itu terus berkata yg banyak untuk membela diri (aelah ibu2 udah salah ga mau ngalah) pdhl perempuan lain di sekeliling dia udah ngomongin dan ngeliat sinis kemereka termasuk gue. hahaha
nah pas udah mau nyampe stasiun duren kalibata nih, si penjaga dateng lagi buat ngingetin ibunya untuk turun dan beli tiket, terus si ibu bilang gini, panggilin bapak yang di gerbong sebelah dong kesini. Dan pas bapaknya dateng nih dimana semua mata perempuan yang lain pada tertuju padanya (kayak Putri Indonesia). Pas udah nyampe, si penjaga bilng permasalahannya ke bapak itu dan respon yang dikasih bapaknyaaaaa......
jeng jeng jeng jeng
Dia bilang gini "saya anggota, saya anggota dengan nada mengancam sambil ngeliatin pistol yang ada disebelah kiri celananya ke penjaga cewek itu dan si penjaga akhirnya bingung harus ngapain dan dia kalah lalu mundur.
Muka si penjaga bete bgt dan akhirnya dia berdiri dipojokan sambil mainin hp.
Ih yang salah si ibu2 tapi karena bapak2 yang mungkin suaminya ibu itu adalah "anggota", yang ga tau deh anggota apa, anggota polisi apa anggota dangdutan tetangga sebelah, yah mana gue tau.
Pokoknya setelah bapak2 itu pergi, si ibu2 masih aja ngebacot sok ngebela diri padahal pliiiiissss semua org disekitar dia tuh udah benci bgt sama dia termasuh gue. Dan rasanya kalo gue penjaganya nnih gue bakal bilang gini " terus knp kalo bapak anggota? isteri bapak atao kakak bapak ato siapalah dia yang pastinya memiliki hubungan dengan bapak telah melanggar peraturan dan bapak kan seorang "anggota", jadi bapakk harusnya membantu menegakkan peraturan bukan malah nyontohin melanggar peraturan kayak gini, sungguh sangat memalukan "
tapi masalahnya adalah kembali lagi kehukum di negeri kita, kalo penjaganya ngomong kayak gitu pasti masalahnya akan berlanjut dan kalo emang si bapak2 itu punya pangkat lah yah pasti ujung2nya si penjagga akan terpojokkan dan malah dinilai salah.
Duh mau jadi apa negeri kita itu kalo para aparatnya begitu.
Oia, masih inget ga sama kasus yang maling sendal jepit polisi terus masuk penjara.
helloooo, cuma sedal jepit gitu.... apasih mereknya? berapa sih harganya? pantes ga kalo dibayar sama rasa trauma sang anak yang masih kecil udah masuk ke penjara. Hal yang harusnya bisa diselesaikan secara kekeluargaan malah diselesaikan dengan penyalahgunaan kekuasaan. Pastinya masih banyak kasus lagi nih yang bisa membuat kita melek mengenai penyalah gunaan kekuasaan ini.
Yah yang gue harapkan dari tulisan gue ini, nantinya saat kalian telah menjadi dewasa dan menjadi pemimpin negeri kita ini (aamiin), tolong gunakan kekuasaan kalian sesuai dengan fungsinya dan buatlah negeri kita ini majuuuuuuuu.........

Salam, Ina Gustiana

No comments:

Post a Comment