Sunday, July 29, 2012

SEMUANYA TERJADI TIBA-TIBA

Beberapa hari lalu gue di chat sama sodara sepupu gue yang dibekasi. Dia bilang "na lo lagi libur ya? main2 dong kebekasi jenguk mama gue ni". Gue bilang iya, nanti dah ya ina kesana buat jenguk Ma Tuo, tapi sekarang2 ini lagi mager nih gara2 puasa.

Setelah chat itu sih gue ada niat untuk kesana dalam waktu dekat ini tapi gue masih ga tau kapan. Sampai tiba2 tadi pagi mama gue ngebangunin gue dan bilang: Na, Pak Tuo meninggal. Sontak gue langsung kaget dan bangun, langsung dah gue nanya, Pak Tuo mana?. Pak Tuo bekasi na, kata mama gue.

Gue langsung bilang, ina ikut ya mah. Awalnya mama gue ngelarang tapi gue ngerasa harus pergi saat itu. Gue keinget sama janji gue untuk dateng kesana tapi niat gue kesana saat ini bukan karena gue mau ngejenguk keluarga disana tetapi karena gue mau ngelayat Pak Tuo gue. 

Sedih dan nyesel rasanya, kenapa gue mesti mengulur-ngulur rencana gue untuk kesana, kenapa gue ga kemarin2 aja kesananya. Kesana untuk tertawa bersama, nonton bareng, jalan2 bareng bukan kesana untuk memberikan tetesan air mata yang gue punya. Apa chat waktu itu merupakan pertanda akan adanya orang yang akan tidur selama-lamanya? Mungkin iya, mungkin juga ngga tapi gue percaya iya.

Sesampainya gue disana, rasanya ada sesuatu yang membuat langkah gue berat, keramaian disana bukan sebuah keramaian yang membuat hati bahagia. Gue berusaha buat ga nangis karena emang gue ga gampang nangis, tapi pas ketemu Ma Tuo gue dan dia peluk gue dengan kata2 maafin Pak Tuo ya biar Pak Tuo tenang disana, Ma Tuo ikhlas kok sama semua ini. Tiba2 ada rasa hangat di pipi gue, air mata itu teru mengalir dan gue ga bisa berkata satu kata pun. Kekuatan yang udah gue kumpulin, langsung runtuh oleh pelukan hangat itu.

Jujur, gue baru dua kali pergi ngelayat dan ini yang ketiga kalianya. Ngelayat pertama itu, adiknya nenek gue yang meninggal. Disitu gue juga nangis tapi ga lama karena gue ga terlalu deket dengan beliau. Kedua, ayahnya temen gue. Disitu gue ga nagis karena gue cuma dateng dan pergi lagi. Dan ini yang ketiga, gue punya beberapa kenangan sama Pak Tuo gue ini. Saat gue kecil gue sering nginep dirumah sodara gue yg satu ini dan beliau sering ngajak gue jalan2 dan selalu memuji gue.

Beliau itu orang jawa tapi keluarga gue selalu memanggil dia Pak Tuo dan itu bahasa padang. Anak2nya suka ngambek, katanya gini, orang bapak gue masih muda kok udah dibilang tua, walaupun ngambeknya itu berubah menjadi kebiasaan yang akhirnya jadi bercandaan. Tapi sekarang bercandaan itu pasti udah ga akan ada lagi. Candaan itu spesial untuk orang yang spesial.

Dan semua terjadi secara tiba2, beliau tidak mengidap penyakit apapun yang serius. Tiba2 saja setelah sahur beliau kejang2 dan akhirnya tidur selama-lamanya. Beliau sempat dibawa kerumah sakit, tetapi dalam perjalanan beliau telah dipanggil oleh Yang Maha Kuasa. Dan penyebab dari itu semua adalah serangan jantung, padahal beliau tidak memiliki riwayat penyakit jantung. Tapi baru2 ini beliau abis tabrakan dan ada penyempitan saraf dibagian tangannya dan kata dokter hal itu yang menyebabka beliau meninggal.

Kalo kalian lihat wajah yang ditutupi kain kafan itu, wajahnya bukan seperti orang meninggal tapi lebih seperti orang yang sedang tidur. Tetapi ada hal yang tak bisa dielakkan, yaitu Pak Tuo telah meninggal. Sungguh cepat dan terasa mudah karena sebelumnya beliau masih sehat. Dan memang tidak akan pernah ada yang tau kapan ajal menjemput diri setiap orang.

Selamat jalan Pak Tuo, semoga amal ibadah yang telah kau kumpulkan selama ini diterima disisi Allah swt. Dan semoga semua orang yang pernah merasa disakiti olehmu baik disengaja maupun tidak disengaja memberikan maafnya untuk mu dan segala dosamu diampuni oleh Allah.

Lebaran tahun ini pasti akan terasa ada yang kurang karena tidak ada lagi kehadiranmu.....



2 comments:

  1. Turut berbelasungkawa ya ina, semoga beliau diterima di sisi-Nya dan berjalan bersama golongan muslim di akhir nanti.

    ReplyDelete